perhiasan cincinSeorang wanita memang identik dengan kata perhiasan. Rasanya wanita selalu ingin melengkapi penampilannya dengan perhiasan. Salah satu perhiasan wanita yang populer adalah perhiasan cincin. Cincin memang bisa membuat penampilan menjadi lebih menawan. Ada berbagai macam model perhiasan cincin dan terkadang membuat bingung dalam memilihnya. Yang terpenting pilihlah cincin sesuai selera dan bisa membuat pemakainya tampil lebih percaya diri.

Model perhiasan cincin yang akan dipilih hendaknya disesuaikan dengan bentuk jari dan tangan. Untuk jari yang pendek sebaiknya tidak menggunakan model cincin lebar yang banyak menutupi jari karena akan membuat kesan jari tampak lebih pendek lagi. Lebih baik memilih cincin yang memiliki bentuk oval. Sedangkan untuk jari yang panjang, cincin yang berbentuk lebar akan terlihat lebih menarik.

Model perhiasan cincin yang memiliki lebar kecil sebenarnya kurang sesuai jika dikenakan pada jari yang bertulang lebar karena kesannya cincinnya kecil sekali. Akan lebih baik memilih perhiasan cincin yang tepinya bundar sehingga memberikan kesan lebih lebar. Namun apabila bentuk jari tangan bertulang kecil maka model cincin yang didesain diagonal bisa membuat kesan lebih lebar. Sedangkan untuk perhiasan cincin yang rata lebih cocok untuk tangan dengan jari ramping.

Perhatikan bentuk perhiasan cincin apakah menggunakan berlian, batu permata atau lainnya. Jika memilih cincin berwarna kuning emas maka sebaiknya tidak dikombinasikan dengan batu berlian kecil karena kilau berlian akan kalah oleh kilau emas. Sebaiknya batu berlian dipadukan dengan perhiasan cincin dari emas putih. Selain berlian, hiasan batu mulia seperti zamrud atau safir juga bisa menjadi pilihan. Ada berbagai macam model perhiasan batu mulia yang memiliki banyak pilihan warna sehingga bisa disesuaikan dengan karakter pemakainya.

Untuk jari tangan yang besar, pemakaian batu mulia atau berlian yang besar lebih cocok karena akan tampak menarik dan elegan. Sedangkan untuk jari yang bertulang kecil sebaiknya tidak dipadukan dengan batu besar. Akan lebih sesuai jika dipadukan dengan hiasan dari kombinasi beberapa batuan kecil yang terpasang pada cincin.

Perhiasan cincin yang akan dipilih juga bisa terdiri dari pilihan berbagai jenis logam mulia. Saat ini tengah menjadi tren untuk memilih perhiasan wanita dari bahan titanium. Untuk orang dengan kulit agak gelap lebih cocok menggunakan cincin berwarna kuning emas. Sedangkan untuk orang berkulit putih, warna emas putih atau perhiasan perak akan lebih sesuai.

Perhiasan cincin biasanya sering digunakan untuk pergi ke acara pesta. Tidak menutup kemungkinan, cincin dengan design yang sederhana digunakan untuk sehari-hari. Untuk cincin kawin tentu digunakan untuk pernikahan. Cincin yang dipilih kemudian juga bisa disesuaikan dengan pakaian yang akan digunakan untuk pergi. Misalnya jika menggunakan gaun merah maka bisa dipadu dengan cincin dengan batu permata merah.