Mutiara berkualitas tinggi banyak dibudidayakan di perairan pantai Pulau Lombok dan Sumbawa, NTB. Setiap tahun 800 kg kualitas eksport dihasilkan. Satu butir mutiara laut berkualitas dihasilkan setelah proses pemeliharaan selama 2 tahun sejak dimasukkan setitik benda asing (neuklus) ke dalam kerang mutira. Perhiasan mutiara asli dari nilai ratusan hingga jutaan rupiah maupun ratusan rupiah dapat ditemukan di daerah ini. Harga perhiasan mutiara ditentukan dari kualitas, bentuk, dan usia mutiara tersebut.

Perhiasan mutiara asli umumnya tergolong mahal. Perhiasan murah untuk mutiara perlu diwaspadai karena bisa jadi bukan asli, walaupun tetap ada perhiasan murah adalah mutiara asli, tetapi biasanya kualitasnya rendah. Di dunia maya, banyak sekali penjual perhiasan murah seperti perhiasan cincin, kalung, giwang, gelang, maupun asesoris lain dari mutiara. Namun, sulit mendeteksi keaslian mutiara asli hanya melalui foto yang disuguhkan di toko online.

Sebaiknya untuk menemukan perhiasan mutiara asli, pembeli dapat langsung mengunjungi pusat budidaya mutiara terkenal, seperti di Pulau Lombok atau Sumbawa. Di daerah ini, mutiara telah menjadi salah satu daya tarik pariwisata. Sehingga, akan mudah menemukan mutiara asli dan perhiasan murah berkualitas dengan harga sesuai kantong.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendeteksi keaslian mutiara diantaranya:

  1. Menguji kontur mutiara dengan gigi. Mengigit butiran mutiara di antara dua lapisan email gigi akan membuat Anda bisa merasakan lapisan mutiara tersebut kasar seperti pasir atau licin. Apabila terasa kasar ketika digigit diperkirakan mutiara asli, sementara apabila terasa licin berarti imitasi.
  2. Menetesi aseton. Memberikan cairan pembersih kuku pada lapisan perhiasan kalung mutiara yang hendak dibeli akan menunjukkan keasliannya. Apabila mutiara semakin mengkilap setelah ditetesi maka dijamin asli. Tetapi apabila buram atau malah luntur, berarti mutiara sepuhan.
  3. Mutiara asli tidak mudah tergores karena lapisannya terdiri dari kalsium.
  4. Mutiara asli laut memancarkan sinar dari dalam sementara mutiara air tawar memancarkan sinar dari luar. Butiran mutiara asli memancarkan warna bening dan natural.